•  
  • Situs Resmi KPU Kabupaten Indramayu
Jumat, 11 November 2016 - 11:02:08 WIB
PENDIDIKAN PEMILIH PEMULA MENUJU PEMILIH CERDAS
Diposting oleh : KPU Kabupaten Indramayu
Kategori: Berita Kegiatan - Dibaca: 242 kali

Untuk meningkatkan partipasi pemilih KPU Kab. Indramayu berkejasama dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Indramayu menggelar pendidikan pemilih pemula menuju pemilih cerdas di SMA Negri 1 Sindang pada tanggal 10 November 2016, pendidikan pemilih ini diikuti sekitar 500 siswa kelas 12 SMA Negri 1 Sindang.

Ketua KPU Kab. Indramayu Drs. H. MADRI mengatakan hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman bagi masyarakat pemilih pemula tentang pemilu di wilayah Kab. Indramayu maka dilakukan berbagai upaya salah satunya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan pendidikan pemilih bagi pemula khususnya pelajar SLTA Kelas XI dan kelas XII. Kegiatan ini bertujuan agar semua pihak dapat mendukung upaya penyelenggara pemilu yang meliputi : 1. meningkatkan kualitas proses pemilu 2. meningkatkan partipasi pemilih 3. meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi 4. meningkatkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokrasi.

Menurut H. Madri materi yang akan disampaikan dalam kegiatan ini meliputi : 1. pengertian pemilu, fungsi pemilu dan manfaat pemilu 2. dasar hukum, azas pemilu, tahapan pemilihan, proses pendaftaran pemilih dan teknis pelaksanaan pemilu diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini tingkat partipasi pemilih untuk pemilu yang akan datang dikab. indramayu bisa meningkat dan pemilih dapat menentukan pilihan yang terbaik dengan kata lain menjadi pemilih yang cerdas.

Hadir dalam kegiatan pendidikan pemilih tersebut para Komisioner KPU Indramayu yaitu Drs. H. Madri, Pitrahari, SIP, Murtiningsih Kartini SH. MH. Jerry Nurcahya SH. MH, Kepala Kantor Kesbangpol Indramayu, Kepala SMAN 1 Sindang serta para nara sumber dari Polres Indramayu, Kodim 0616 Indramayu dan akademisi dari Universitas Wiralodra Indramayu.

oleh : Ketua KPU Kab. Indramayu (Drs. H. MADRI)



0 Komentar :